Cara Mengecek Layar LCD Hp Android Apakah Normal atau Tidak

Siapa yang tidak kenal dengan android? Android merupakan salah satu jenis ponsel yang sangat popular dan banyak digunakan oleh kebanyakan orang.


Namun siapa sangka jika Android juga memiliki berbagai kode penting dan kode rahasia. Salah satunya adalah untuk mengecek layar LCD.


Kode rahasia ini digunakan untuk mengecek LCD agar mengetahui lebih dalam mengenai perangkat smartphone android yang anda miliki.


Hal ini sangat berguna untuk mengetahui kualitas smartphone yang anda miliki. Terlebih lagi jika anda membeli smartphone bekas. mengecek LCD dengan kode rahasia adalah salah satu hal yang sangat penting dan wajib untuk anda lakukan.


Karena smartphone bekas tentunya sudah digunakan oleh orang lain. Tentu saja kulitasnya bsa saja menurun.


Jadi untuk memastikan apakah kualitas LCD nya masih bagus ataukah sudah ada yang rusak, anda bisa menggunakan kode rahasia android.


Artikel ini akan memberikan contoh cara mengecek layar LCD android yakni Samsung Galaxi V. Smartphone ini menggunakan Operating System Android yakni v4.4 Kitkat.


Berbeda Operating ystem mungkin sedikit banyak berbeda. Namun intinya tetap sama yakni mengecek kualitas dari perangkat android anda dan memastikan smartphone adnroid anda dalam keadaan baik.


Untuk bisa mengecek LCD smartphone android anda:


Anda bisa menekan tombol *#0*# atau juga dengan menekan tombol *#*#0*#*#, serta bisa juga dengan mengetik *#*#0*#*#* pada papan tombol yang biasanya anda gunakan untuk mengetik nomor telepon.


Jika anda sudah menekan salah satu kode rahasia tersebut, layar anda akan berubah menjadi beberapa kotak indikator untuk mengecek LCD layar ada.


Ada beberapa macam indikator yang akan muncul. Anda bisa langsung menekan masing-masing indikator tersebut yang bisa untuk menilai kualitas dari LCD smartphone yang anda miliki.


Lalu apa indikator tersebut? Untuk informasi selengkapnya, langsung saja simak ulasan dan penjelasannya di bawah ini, dantaranya adalah sebagai berikut:




  • Red. Jika layar anda tidak memiliki masalah dan dalam keadaan baik, seharusnya jika indikator ini ditekan, akan muncul warna merah yang memenuhi layar smartphone anda.
  • Green. Jika layar anda tidak memiliki masalah dan dalam keadaan baik, seharusnya jika indikator ini ditekan, akan muncul warna hijau yang memenuhi layar smartphone anda.
  • Blue. Jika layar anda tidak memiliki masalah dan dalam keadaan baik, seharusnya jika indikator ini ditekan, akan muncul warna biru yang memenuhi layar smartphone anda.
  • Melodi. Jika smartphone anda dalam keadaan baik, pada saat indikator ini ditekan akan terdengar nada tinggi dan panjang. 
  • Vibration. Jika smartphone anda dalam keadaan baik, pada saat anda menekannya tentu saja perangkat anda akan berwarna hitam pekat dan bergetar. 
  • Dimming. Jika smartphone dalam keadaan baik, seharusnya akan muncul beberapa warna lembut seperti merah, biru, dan hijau.
  • Megacam. Jika smartphone dalam keadaan baik tentu akan langsung ke fungsi camera dan cobalah mengambil gambar.
  • Sensor. jika smartphone dalam keadaan baik , akan muncul layar berbentukk gars dan usapkan jari anda untuk menguji touch screen. Apakah berjalan dengan baik atau tidak. 
  • Sleepmode, jika smartphone dalam keadaan baik akan muncul layar hitam seperti saat posisi sleep. 
  • Speaker. Akan muncul nada panggil jika smartphone dalam keadaan baik
  • Subkey. cobalah tean tombool lain, seharusnya muncul warna berbeda. Hal ini bertujuan untuk mengetahui fungsi tombol lain di luar tombol touch screen. 


Jika dalam pengecekan tidak ada maslah sama sekali, hal tersebut berarti kondisi LCD smartphone anda dalam keadaan baik.


Begitupun juga sebaliknya, jika anda mengalami masalah pada saat anda melakukan pengecekan indikator, maka bisa dikatakan bahwa ada yang tidak beres dengan fungsi tersebut atau bisa juga mengalami kerusakan.


Copy link artikel ini



Nama saya Joestar, saya sama seperti kalian yang hanya manusia biasa. Saya biasanya suka membagikan apa yang saya alami.