Cara Menginstall CWM Pada Semua Hp Android Tanpa Laptop

Apa anda sedang bingung bagaimana caranya untuk menginstal CWM Recovery? Apakah Anda sudah mencari solusinya? apabila Anda belum menemukan solusinya maka Anda bisa mendapatkannya disini.


CWM Recovery merupakan singkatan dari ClockworkMod Recovery yang memiliki arti yaitu sebuah menu yang tidak terdapat dalam bawaan pabrik atau setelan pabrik Android sehingga Anda harus menginstalnya terlebih dahulu.


Sebenarnya CWM sendiri ada yang tipe standar namun kelebihannya pun sangat terbatas.

Kegunaan CWM Recovery

Dalam melakukan penginstalan CWM Recovery pastinya terdapat fungsi yang memang di khusus kan dalam aplikasi ini.

Sehingga fungsi dari CWM Recovery ini cukup banyak di mana di antaranya Anda bisa menginstal custom ROM, mampu menambah tweet-tweet keren pada smartphone serta bisa mengoptimalkan aplikasi ruang data pada Android yang juga bisa menambah RAM tersebut serta berbagai hal lainnya yang tentunya sangat banyak fungsinya


Dan perlu untuk Anda ketahui bahwa CWM Recovery sendiri sebenarnya merupakan suatu pembaharuan atau update-an dari CWM standar yang dilakukan suatu penyempurnaan dari CWM tipe standar tersebut.


Dan disinilah Anda bisa melakukan berbagai hal, baik itu seperti delete backup ROM serta berbagai hal lainnya.


Perusahaan smartphone xda yang memiliki nama perusahaan di LEDELETTE mengabarkan atau mengumumkan bahwa mereka sudah merilis Project terbarunya yang memiliki nama dari cover x-project yang memiliki kegunaan yaitu supaya para pengguna smartphone lebih mudah dalam melakukan instal CWM.


Untuk Anda yang ingin mengetahui bagaimana caranya untuk melakukan instal CWM Recovery ini maka berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan dan berlaku pada semua jenis Android dengan menggunakan aplikasi Rom Manager.




  1. Yang pertama yaitu silakan untuk mendownload terlebih dahulu aplikasi: Rom Manager.
  2. Lalu install lah aplikasi tersebut pada perangkat android pada umumnya
  3. Kemudian silakan untuk Anda membuka aplikasi Rom Manager serta Pilihlah recovery set up.
  4. Pada bagian  install maka silakan untuk Anda klik ClockworkMod Recovery
  5. Nantinya aplikasi tersebut akan mendeteksi Android Anda dan jika sudah selesai maka pastikanlah bahwa  aplikasi tersebut sesuai dengan model perangkat Android.
  6. Selanjutnya yaitu tetap ClockworkMod Recovery pada saat anda melakukan instal CWM dan segala instal. Dengan begitu maka pastikan bahwa perangkat tersebut sudah tersambung pada koneksi internet dan untuk filenya sendiri tidaklah besar karena hanya berkisar antara 7 sampai 8 megabyte. 
  7. Jika CWM sudah diinstal, maka selanjutnya kembali pada aplikasi Rom Manager dan lakukan tab reboot into recovery untuk melakukan reboot. Dan setelah itu masukkan pada menu CWM.



Pastinya sangat mudah bukan untuk melakukan install CWM Recovery dan kini Anda sudah bisa  CWM Recovery untuk kebutuhan Anda dan silakan lah untuk Anda memodifikasi Android Anda.


Copy link artikel ini



Nama saya Joestar, saya sama seperti kalian yang hanya manusia biasa. Saya biasanya suka membagikan apa yang saya alami.