Berhasil, Ini Cara Mempercepat Kinerja Android Tanpa Root

Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan informasi mengenai bagaimana cara mempercepat proses di android, yang tentunya akan sangat bermanfaat untuk Anda.


Terutama bagi Anda yang mengalami proses yang lemot atau lama pada android anda. Padahal RAM pada ponsel pintar atau smartphone anda begitu besar dan masih renggang belum terlalu banyak aplikasi yang memenuhi ponsel anda.


Tentunya hal semacam ini sangat menjengkelkan apalagi mengingat bahwa kondisi ini akan mengganggu aktivitas Anda.


Belum lagi jika anda sedang dalam kondisi yang genting dan membutuhkan informasi secepatnya melalui ponsel anda.


Maka harapannya informasi yang saya bagikan ini akan memberikan manfaat bagi Anda. Dimana informasi yang akan saya bagikan berikut ini merupakan pengalaman pribadi saya pada saat ponsel saya ngadat dan begitu lemot untuk dijalankan.


Bagaimana cara mempercepat proses di andriod

Pastikan aplikasi dan sistem pada android anda selalu up to date




Selalu melakukan pembaharuan atau update aplikasi secara berkala tentunya menjadi hal yang harus anda lakukan pada android anda.


Dimana hal ini dimaksudkan agar anda mampu meningkatkan performa dari ponsel anda. Logikanya ialah dimana setiap anda melakukan update aplikasi tentunya akan ada sebuah perbaikan dan pembaharuan dari aplikasi sebelumnya yang sempat terlewatkan dari para developer.


Baik update aplikasi ini akan berhubungan dengan peningkatan kualitas fitur maupun peningkatan bug pada aplikasi dan lainnya.


Untuk bisa melakukan update aplikasi ini, umumnya anda bisa melakukannya dengan melakukan:


  1. Akses pada Setting (Pengaturan)
  2. About Device (Tentang Perangkat)
  3. Software Update (Pembaharian Perangkat).


Cara ini bisa dilakukan pada semua jenis smartphone dengan berbagai merk dan berbaya tipe dengan smartphone berbasis android.


Cara lain bisa juga anda lakukan dengan melakukan akses pada bagian Play Store dengan mengakses pada bagian My Apps.

Bersihkan home screen

Jika anda ingin memiliki android yang tidak lemot, maka menggunakan gambar yang statis adalah merupakan jawaban yang tepat.


Perlu anda ketahui bahwa salah satu penyebab lemotnya ponsel adalah penggunaan live wallpaper yang ternyata mampu memakan kapasitas RAM yang cukup besar unruk menjalankan wallpaper pada ponsel anda. Hal ini juga ditambah diperberat dengan aplikasi yag berjalan pada background ponsel anda.


Hal yang juga tak kalah penting ialah menghapus dan juga memindahkan ikon aplikasi yang sudah lama tidak pernah diakses atau tidak digunakan.


Hal ini mungkin saja merupakan hal yang sepele untuk anda. Akan tetapi Anda perlu mengetahui bahwa ponsel Anda akan membuuthkan kinerha lebih ke GPU saat anda membuka smartphone karena ponsel anda akan mengolah ikon-ikon tersebut sehingga akan mampu menambah berat kinerja ponsel anda.


Uninstal atau disable aplikasi yang tak terpakai

Selain pada ikon aplikasi yang terus berjalan meskipun tidak terpakai, aplikasi sendiri juga menjadi semakin faktor yang mampu memperlambat kinerja ponsel pintar anda.


Karena tidak ada lagi ruang penyimpanan yang cukup pada ponsel anda. Sehingga hal ini akan mengkonsumsi RAM pada ponsel anda.


Oleh karena itu jika Anda sudah tidak berminat lagi untuk mengakses aplikasi pada ponsel anda, sangat direkomendasikan agar anda melakukan instalisasi.


Nonaktifkan atau kurangi efek animasi

Cara lain yang juga perlu Anda perhatikan ialah dengan melakukan nonaktif efek pada animasi di ponsel anda.


Untuk melakukan nonaktif animasi ini Anda perlu melakukan cara yang cukup rumit dan anda juga harus melakukan aktivasi Developer Option yang akan melakukan nonaktif efek animasi pada ponsel anda.


Anda bisa melakukannya denga melakukan akses pada bagian:

Setting (Pengaturan) > Systems (Sistem) > Abaout Phone (Tentang Telepon) > Bulid Number.


Setelah anda menemukannya, maka anda harus melakukan pengetukannya hingga 7 kali dan kemudian muncul pesan bahwa anda sudah menjadi seorang developer.


Dengan begitu anda bisa kembali pada bagian Setting dan anda akan melihat Developer Option/ Opsi Pengembang.


Maka masukkan ke Windows Animation Scale, Animaot Animation Scale, dan Transition Animasion Scale. Lakukan pengaturan sesuai dengan keinginan anda.


Bersihkan Cache Aplikasi




Cache sebetulnya berguna untuk mempercepat loading beberapa aplikasi. Akan tetapi cache ini menyebabkan ruang pada internal memory menjadi begitu sesak.


Sehingga anda selalu disarankan utnuk membersihkannya secara berkala. Segera akses menuju Settings>Apps>geser ke tab all.


Disana anda akan melihat semua aplikasi yang ada kemudian pilih saja aplikasi yang anda inginkan. jika anda ingin melakukan penghapusan cache sari satu maka anda bisa:

Masuk ke Setting> Storage> Cached> Ok. Maka data akan terhapus.


Nonaktifkan atau kurangi Auto Sync




Sinkronisasi yang anda lakukan untuk mendapatkan pemberitahuan dari berbagai aplikasi ternyata mampu memperlambat kinerja ponsel anda.


Maka Anda perlu untuk segera menonaktifkannya dengan menggeser kebawah hingga anda menemukan tab Account dan kemudian pilih aplikasi yang akan anda nonaktifkan sinkronisasinya. Anda bisa memilih semua aplikasi atau hanya sebagian.


Bersihkan cache partisi




Cache partisipasi akan berbeda dari cache pada aplikasi. Cache partisi ini harus anda berisi temporasi file dan Anda harus bisa membersihkannya secara berkala.


Untuk melakukannya anda harus masuk dalam mode Recovery sehingga cache jenis ini bisa dibersihkan dengan sempurna.


Karena mengingat bahwa cache recovery ini berbeda-beda lokasinya pada setiap tipe ponsel, maka anda harus bisa menemukannya sendiri.


Cobalah launcher pihak ketiga

Anda juga perlu melakukan perubahan pada sistem navigasi jika ingin bisa membuat ponsel anda menjadi bekerja secara lebih ringan.


Tidak ada salahnya anda mencoba melakukannya dengan beberapa launcher pihak ketiga yang akan membantu anda.



Mulailah anda melakukan pengaturan yang sesuai dengan keinginan anda kemudian pastikan anda memilih kapasitas aplikasi laundher yang tidak terlalu berat untuk ponsel anda.


Lakukan Factory Reset




Cara lain yang bisa anda lakukan ialah dnegan melakukan factory reset. Dimana cara ini akan membuat ponsel anda melakukan backup data karena factory reset ini memiliki kegunaan untuk melakukan reset atau pengembalian data pada ponsel anda sama seperti saat anda melakukan pembelian ponsel pertama kali.


Hal ini berlaku pula terhadap update aplikasi maupun sistem yang pernah anda lakukan.


Cara melakukannya ialah dengan mengakses Setting (Pengaturan) > Backup & Reset > Factory Data Reset.


Root dan Overclock




Kemudian yang selanjutnya bisa anda lakukan ialah denga nRoot dan Overclock. Dimana cara ini akan membantu anda udengan berbagai apliksi seperti Android Overclock dan Set CPU.


Pastikannya anda melakukan root dan overclock ini dengan hati hati. Karena langkah yang salah justru akan membuat anda harus melakukan penggantian ponsel dengan yang baru.


Instal custom ROM

Cara selanjutnya bisa anda lakukan dengan melakukan instalisasi costum ROM. Dimana hal ini bisa memberikan manfaat bagi anda yang memiliki ponsel pintar yang sudah tidak dilakukan update sistem ataupun OS.


Dengan memasang aplikasi ini, maka android lama anda akan bisa diperbaruai dengan versi yang terbaru.


Itulah beberapa pembahasan mengenai bagaimana cara memeprcepat proses di androrid dengan berbagai langkah yang bisa anda ikuti diatas. Semoga informasi diatas bisa berguna dan mampu membantu anda mengatasi masalah pada ponsel anda.


Copy link artikel ini



Nama saya Joestar, saya sama seperti kalian yang hanya manusia biasa. Saya biasanya suka membagikan apa yang saya alami.