11 Aplikasi Android Tercanggih Unik dan Keren Setelah Root

Pastinya anda mengetahui bahwa Android merupakan perangkan ponsel pintar yang paling populer dan paling banyak diminati oleh masyarakat karena memiliki kode sumber terbuka (open source).


Dimana kode ini mampu digunakan untuk melakukan modifikasi oleh siapapun. Ada banyak istilah yang digunakan untuk menggambarkan modifikasi pada android ini, salah satunya adalah rooting.

Pastinya anda sudah tidak asing bukan dengan istilah rooting?

Ya, kata rooting ini sudah bukan lagi menjadi istilah yang asing bagi masyarakat. Hanya saja kadang masyarakat hanya mengenal katanya akan tetapi belum mengerti mengenai istilah tersebut.


Dengan adanya rooting maka Android yang Anda gunakan bisa diaplikasikan atau ditetapkan berbagai aplikasi tertentu dengan menarik dan juga beragam fitur yang begitu kompleks. Rooting ini juga mampu membantu membuat android anda yang awalnya monoton menjadi semakin keren.

Bingung setelah rooting?

Sering kali masyarakat bingung apa yang akan dilakukan setelah melakukan rooting pada android yang dimiliki. Maka dari itu umumnya para pemula dalam dunia android ini akan melakukan instalisasi aplikasi tertentu yang membutuhkan akses ke sistem android.


Misalnya saja Anda ingin melakukan modifikasi pada statusbar dengan aplikasi, sehingga anda melakukan pemasangan aplikasi yang memmbutuhkan akses pada sistem statusbar. Begitu pula dengan beragam aplikasi lain yang Anda inginkan.


Apa saja daftar aplikasi yang wajib ada setelah android di-root?

Banyak sekali aplikasi root yang memiliki manfaat yang beragam. Seperti misalnya contoh yang telah diungkapkan diatas.

Bahkan tak jarang Anda akan menemukan aplikasi yang bahkan memiliki dua mode, yaitu mode root dan mode nonroot. Berikut ini adalah aplikasi yang umumnya digunakan dan wajib ada saat android sudah dilakukan rooting.


Berikut ini beberapa aplikasi android tercanggih, unik, dan keren yang berguna setelah root:


Root Explorer




Jika Anda ingin melakukan penjelajahan file dengan akses penuh (rooting) mulai dari penyalinan, pengeditan, pemindahan, dan lain sebagainya, maka aplikasi berikut ini sangat direkomendasikan untuk anda.


Bagi anda yang ingin menjadi opreker, pastinya anda akan lebih sering melakukan pengelolaan file pada sistem android Anda.


Maka aplikasi ini akan sangat membantu sebagai manager file karena dilengkapi dengan fitur yang mumpuni dan tampilan yang simpel.


Greenify




Jika Anda ingin menghemat baterai pada android Anda meskipun aplikasi pada ponsel anda terus berjalan, maka aplikasi ini menjadi rekomendasi terbaik.


Dimana aplikasi satu ini memiliki fungsi hibernasi aplikasi yang baik apabila anda sedang tidak ingin menggunakannya.


Anda juga bisa menambah daftar aplikasi yang ingin anda hibernasi pada saat anda tidak menggunakannya. Dengan beitu maka anda akan bisa melakukan penghematan daya baterai pada ponsel anda.


Titanium Backup




Aplikasi titanium backup ini memiliki fungsi restore aplikasi dan juga backup aplikasi. Aplikasi ini akan mensupport backup aplikasi beserta datanya dengan begitu mudah.


Karena memang titanium backup ini menggunakan akses siper user yang digunakan untuk mencadangkan data pada sebuah aplikasi.


Versi penuh dari aplikasi ini bahkan mampu memberikan pelayanan dengan fitur yang begitu mumpuni seperti melakukan restore aplikasi dan juga datanya dengan mudah.


Bahkan secara otomatis juga mampu melakukan instalisasi pada aplikasi yang telah direstore. Dengan aplikasi ini anda juga bisa melakukan pengelolaan sistem pengatur jadwal untuk melakukan backup aplikasi.


DroidWall




Aplikasi ini berfungsi sebagai firewall yang akan membantu menentukan mana aplikasi yang bisa ataupun tidak bisa diakses oleh internet. Bahkan aplikasi ini mampu dengan efektif melakukan penghematan kuota internet anda.


Aplikasi Droidwall ini mampu melakukan penghematan pada kuota internet karena memang ia melakukan akses internya saja.


Dimana aplikasi ini mampu melakukan pencegahan pada berbagai aplikasi yang tidak diinginkan untuk diakses. Seperti misalnya aplikasi pemutar video, word, dan lain sebagainya. Dengan demikian maka tentunya Anda bisa menghemat kuota anda, bukan?


Misalnya saja kuota internet anda sudah habis lalu anda melakukan blok pada aplikasi yang membutuhkan akses internet seperti misalnya aplikasi sosial media, aplikasi belanja online, dan lain sebagainya. dengan demikian maka anda akan mampu memperpanjang masa aktif dan masa penggunaan kuota anda untuk beragam keperluan lain.


Kebanyakan masyarakat saat ini sangat bergantung pada informasi melalui internet. Sehingga tidak sedikit dari masyarakat yang kemudian mengaktifkan notifikasi pada smartphonenya secara terus menerus tanpa takut bahwa kuota internet yang dimiliki akan habis.


Hanya saja pada saat sedang tidak digunakan, sangat disarankan agar anda melakukan nonaktif pada koneksi internet dan hal ini akan menghemat baterai karena tidak ada notifikasi.


Lucky Patcher




Aplikasi satu ini memiliki fungsi yaitu sebagai patch aplikasi, sistem android, dan lain sebagainya. Cara kerja dari aplikasi ini ialah dengan memberikan license aplikasi.


Dengan pastch, maka aplikasi pada smartphone anda bisa membuat aplikasi full version. Akan tetapi tentunya tidak semua aplikasi bisa dilakukan patch. Selain itu aplikasi ini juga efektif untuk memblokir iklan pada ponsel anda.


Link2sd




Aplikasi satu ini akan membantu untuk melegakan internal memory pada ponsel anda. Apalagi jika ponsel anda tergolong sebagai ponsel dengan internal memory yang kecil atau terbatas.


Pastisi ini digunakan untuk membantu melakukan penyimpanan data aplikasi yang terlalu banyak memakan ruang pada internal memory. Cara kerjanya ialah dengan membuat external memory sebagai internal memory yang kedua. Dengan begitu anda bisa lebih leluasa untuk memasang aplikasi pada partisi kedua.


Terminal Emulator




Sama seperti pada terminal Linux, aplikasi ini memiliki fungsi untuk melakukan beberapa perintah dengan menggunakan mode command line.


Misalnya saja dnegan perintah “ping 8.8.8.8” tanpa menggunakan tanda petik, anda bisa melakukan pengecekan koneksi ke dns google. Dan tentunya masih ada banyak lagi perintah android yang bisa digunakan.


SuperSU




Pada saat anda selesai melakukan rooting android, umumnya Anda akan mendapatkan aplikasi Super User. Akan tetapi tidak selalu demikian karena hal ini tetap disesuaikan dengan cara root yang Anda lakukan.


Aplikasi ini merupakan aplikasi yang berguna untuk melakukan perizinan akses root. Akan tetapi aplikasi ini memiliki fitur yang lebih lengkap dan UI yang lebih mumpuni. And abisa melakukan penggantian waktu tolak otomatis pada aplikasi baru ataupun and ajgua bisa melakukan otorisasi setelah booting.


APK Editor




Aplikasi ini memiliki fungsi yaitu untuk melakukan modifikasi pada file apk android anda. Biasanya setelah menjadi opreker yang lebih jago dari sebelumnya, aplikasi ini akan membantu anda untuk melakukan perubahan tampilan android dengan melakukan perubahan pada file apk. Misalnya saja mengubah background aplikasi, dan lain sebagainya.


SetCPU




Aplikasi ini berguna untuk melakukan pengaturan kecepatan clock CPU android anda. Selain itu aplikasi ini juga membantu mengubah governor pada ponsel anda. Aplikasi setCPU ini juga menyediakan profile yang digunakan untuk melakukan pengaturan CPU saat menjalankan aplikasi tertentu.


Xposed Installer




Aplikasi ini membentu anda melakukan modifikasi pada sistem android. Dimana ia akan melakukan instalisasi framework agar nantinya Anda bisa menggunakan berbagai module, yaitu aplikasi costumisasi pada android.


Ada banyak aplikasi modul yang bisa anda gunakan akan tetapi anda harus menyesuaikannya dengan versi android anda.



Itulah berbagai aplikasi yang bisa anda gunakan. Pastikan anda melakukan instalisasi aplikasi sesuai dengan kebutuhannya. Dan bagi anda yang menjadi pemula oprek, harapannya info diatas akan memberikan pencerahan dan pemahaman secara lebih mendalam.


Copy link artikel ini



Nama saya Joestar, saya sama seperti kalian yang hanya manusia biasa. Saya biasanya suka membagikan apa yang saya alami.