Mengenal Perbedaan Charger dan Adaptor yang Bikin Bingung

Apakah Anda tahu perbedaan dari charger dan juga adaptor itu? Keduanya ini kerap dipandang menjadi 2 benda yang sama.


Bahkan, ada beberapa orang sering kali mengira bahwa fungsinya adalah sama. Hingga mereka selalu tertukar dalam menyebutkannya.


Mereka menyebut charger sebagai adaptor, dan sebaliknya. Sebenarnya charger atau cas ini beda sekali dengna power adaptor.


Keduanya memang terlihat sama, bahkan kerap dikira sama karena dilihat dari manapun, bentuk fisiknya memang sedikit sama.


Jika ada perbedaan di antara keduanya, memang tetap saja dipandang sebagai barang yang sama, karena sama-sama menghasilkan sebuah tegangan. Keduanya sendiri sebenarnya mempunyai kesamaan yang lain.


Yaitu, keduanya sama-sama sebagai regulator, penyearah arus, dan keduanya adalah bisa berfungsi juga sebagai penurun tegangan.


Jadi, apakah perbedaan dari power adaptor dan juga charger itu?





Ada perbedaan di antara charger dan juga power adaptor.


Dimana untuk charger itu adalah sebuah perangkat yang punya kegunaan dan fungsi untuk pengubah arus AC ke dalam DC.


Sedangkan, untuk tegangan keluaran atau tegangan output yang berasal dari charger ini relatif kecil. Perangkat yang satu ini kerap disebut juga dengan aksesoris elektronik.


Bagian ini biasanya didapat saat membeli ponsel, tablet, dan saat membeli kamera digital. Charger itu mempunyai output tegangan yang selalu tetap.


Frekuensinya sendiri juga tidak pernah berubah dalam memberikan daya atau saat digunakan untuk mengisi baterai yang digunakan pada perangkat elektronik.


Maka dari itulah, terkadang charger juga digunakan untuk mengisi ACCU. Sedangkan untuk penjelasan tentang powe adaptor itu umumnya jauh lebih rumit dari pada charger.


Karena power adaptor ini adalah sebuah perangkat yang tersusuna tas diode penyearah dan tersusun atas rangkaian dari trafo yang bertugas untuk melakukan koversi terhadap power atau daya. Tegangan untuk keluaran atau tegangan outpunya bisa beraneka ragam.


Yaitu, dari 3 volt, 9v, dll. Ada juga adaptor yang mempunyai kemampuan dapat mengatur arus yang berasal dari AC menuju DC. Perangkat yang satu ini biasanya digunakan juga untuk penyuplai daya pada beberapa perangkat.


Misalnya saja, untuk printer, keyboard, laptop, dll. Dari sinilah, kini sudah didapatkan penjelasan tentang perbedaan di antara dari keduanya tersebut.

Copy link artikel ini



Nama saya Joestar, saya sama seperti kalian yang hanya manusia biasa. Saya biasanya suka membagikan apa yang saya alami.