Cara Mengatasi Sambungan atau Kode Mmi tidak Valid Android

Ketika ingin mengecek pulsa, mengecek kuota ataupun ingin melihat kode promo melalui kode yang telah diberikan oleh provider sendiri, kadangkala bahkan seringkali menemui masalah setelah menekan kode-kodenya.


Masalah yang paling sering ditemui adalah ketka menekan kode-kodenya muncul pesan "Masalah Sambungan atau Kode MMI tidak Valid". Pesan tersebut munculnya bisa lama dan bisa juga cepat.


Masalah ini ternyata bukan hanya terjadi pada satu merk hp saja, melainkan pada semua hp, baik itu hp xiaomi, xiaomi versi redmi note 3, 4, dan versi terbarunya, oppo, lenovo, samsung, dan merk hp lainnya.


Jadi, masalah ini muncul bukan karena hp-nya, bisa terjadi juga karena pada kartu yang dipakai, baik itu telkomsel (simpati, as, kartu hello, loop), xl, axis, tri (3), indosat (im3, dsb.), dan kartu lainnya.


Setelah dicari-cari dan dicoba, untuk mengatasi masalah sambungan atau kode MMI tidak valid di hp android ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Berikut ini cara mengatasi kode MMI tidak valid pada semua kartu:


kode mmi tidak valid


Restart Hp



Solusi pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan restart hp.


Ada kemungkinan proses untuk mengecek pulsa ataupun setelah menekan tombol kode-kode, jaringan sedang galat yang membuat masalah ini timbul.


Cabut kartu dan baterai lalu pasangkan kembali



Jika masalah ini masih ada, cara kedua yang bisa dicoba adalah mencabut kartu provider nya serta baterai.


Tunggulah beberapa saat lalu silahkan pasangkan kembali dan dicoba kembali, biasanya cara kedua ini juga ampuh untuk mengatasinya.


Masih tidak bisa? cobalah untuk menonaktifkan kartu lalu aktifkan kembali.


Menonaktifkan kartu lalu aktifkan kembali


Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah cobalah untuk mengaktifkan kartu lalu aktifkan kembali. Untuk langkah-langkahnya:





  1. Pertama-tama masuk terlebih dahulu ke pengaturan yang ikon roda gigi.
  2. Selanjutnya adalah pilih Sim Card & mobile network
  3. Nanti akan masuk ke menu kedua kartu SIM yang dipakai, silahkan pencet/ketuk saja satu-satu SIM tersebt nanti akan tombol turn on, silahkan dimatikan.
  4. Tunggulah beberapa saat, lalu silahkan nyalakan kembali (Turn on).


Catatan: Kasus contoh ini adalah menggunakan hp xiaomi, jadi silahkan diimprovisasi dengan hp yang dipakai karena tiap pengaturan berbeda-beda letaknya.


Jika memang masih tidak bisa maka datangi Custumer Servicee atau gerai terdekat untuk bisa berkounsultasi tentang masalah ini.


Demikianlah langkah-langkah utnuk mengatasi sambungan atau kode MMI tidak Valid di hp android pada semua kartu.

Copy link artikel ini