9 Cara Mengatasi Hp Xiaomi Lemot dan Ngelag

Hp xiaomi saat ini sedang digemari dikalangan masyarakat Indonesia, hal ini karena hp xiaomi ini memiliki spesifikasi bagus dengan harga yang terjangkau.


Dari sekian hal yang sering menjadi alasan mengapa membeli xaomi, salah satunya adalah karena hp xiaomi cepat dan awet (tahan lama baterainya).


Akan tetapi ada sebuah kasus dimana hp xiaomi lemot yang membuat pengguna xiaomi merasa heran mengapa hal ini bisa terjadi karena mengingat rata-rata spesifikasi hp xiaomi bagus-bagus.


Biasanya ciri-ciri masalah ini adalah hp mudah sekali panas, kamera lemot/ngelag, video jadi lag, suara yang dihasilkan tersendat-sendat.


Masalah ini terjadi di semua versi xiaomi baik itu redmi 4x, redmi 3, redmi 5, redmi segala macam versi note, redmi segala macam versi pro, dsb.


Ada beberpa penyebab yang membuat hp xiaomi lemot dan ngelag, yang paling sering ditemukan adalah karena telah banyak download aplikasi.


Bagaimana cara mengatasi hp xiaomi lag dan lemot?



Setiap ada masalah akan ada solusi dibaliknya. Untuk mengatasi masalah ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar hp xiaomi cepat dan optimal.


Berikut ini cara mengatasi hp xiaomi lemot:


Untuk pengguna Hp Xiaomi Mi MIUI 7/8

agar hp xiaommi tidak lemot dan lag


  1. Langkah pertama aktifkan developer mode terlebih dahulu, dengan cara pergi ke pengaturan -> tentang telepon (about phone).
  2. Kemudian tekan versi MIUI beberapa kali hingga sampai pesan muncul di bagian bawah "sekarang anda pengembang".
  3. Sekarang masuk ke pengaturan (settings) -> pengaturan tambahan -> opsi-opsi developer.
  4. Lalu matikan (turn off) optimasi memori.
  5. Nanti akan disuruh restart, silahkan pilih ok.



Jika masih tidak bisa maka ikuti langkah-langkah selanjutnya di bawah ini.


Jangan memakai banyak widget home screen



Jangan memakai banyak widget di home screen. Walaupun memang terlihat menarik dan keren namun efek samping yang ditimbulkan daripada ini adalah akan membuat proses ke home screen lag patah-patah.


Untuk itu dianjurkan untuk menghapus widget-widget home screen yang tidak terlalu penting dan memakai widget-nya secukuprnya saja.


Atur sinkronasi hp xiaomi



Selanjutnya adalh mengatur sinkronasi hp xiaomi. Hal ini diperlukan untuk sewakut-waktu jika ada update terbaru langsung akan terupdate otomatis.


Di sisi lain, dengan adanya ini pula juga dapat menghemat paket internet yang terbebani karena terlalu banyak memakai internet yang membuat hp xiaomi lag saat berinternet.


Jangan memakai live wallpaper



Wallpaper hidup (bergerak) dapat membebani ram ketika ingin membuka home dan sebuah aplikasi. Dan di sisi lain dengan memakai live wallpaper juga akan menguras baterai banyak.


Hapus aplikasi yang tidak terpakai, gunakan yang perlu saja



Memasang aplikasi banyak di hp memang mengasyikan dan bisa menjadi multitasking. Namun hal tersebut dapat memperberat kinerja RAM yang seharusnya bekerja dengan optimal menjadi makximal karena saking banyaknya aplikasi yang terinstall di hp.


Untuk mencegah ram bekerja makximal maka hapus aplikasi-aplikasi yang jarang dipakai/tidak dipakai sama sekali. Gunakan seperlunya saja.


Bersihkan chache dan sampah dengan aplikasi pembersih


Langkah selanjutnya yang wajib dilakukan adalah membersihkan cache dan file-file yang tidak terpakai dan dianggap sampah di hp xiaomi.


Jika cache dan file sampah dibiarkan dan terus menumpuka akan membuat memori internal tidak ara ruang lagi (full), akibatnya akan membuat kinerja xiaomi menjadi menurun karena memori internalnya penuh.


Gantilah ROM distributor menjadi ROM Global Official



Biasanya akan ada banyak bug yang terjadi di ROM distributor, salah satu bug tersebut dapat membuat hp xiaomi menjadi lemot.


Jadi pastikan apakah hp yang dimiliki ROM distributor atau ROM Global jika memiliki RAM distributor segeralh ganti menjadi ROM Global official.


Pergantian ini agak sulit dilakukan jika memang awam soal hal teknis hp. Namun jika ingin belajar, silahkan cari di Google untuk mengganti ROM distributor xiaomi menjadi ROM global.

Hilangkan perizinan pada aplikasi yang tidak perlu



Secara default biasanya semua aplikasi yang terinstall di hp akan ada perizinannya, dan semuanya secara default sudah diizinkan.


Namun ternyata perizinan ini juga memakan ram yang membuat hp xiaomi lemot. Untuk itu segeralah diatur aplikasi yang mana saja yang boleh diijinkan, jangan semua aplikasi yang boleh diijinkan.


Untuk tata cara melakukannya:




  1. Masuk ke aplikasi bawaan xiaomi, yakni aplikasi "Keamanan/Security.
  2. Setelah itu pilihlah "perizinan".
  3. Kemudian pilih lagi "Perizinan Lainnya".
  4. Lihat di atas ada dua menu kategori, pilihlah perizinan.
  5. Sekarang scroll ke bawah (geser ke bawah) hingga sampai pada tulisan "mulai di latar belakang".
  6. Di sana akan ada banyak aplikasi yang telah diijinkan, silahkan hapus centang pada aplikasi yang tidak perlu untuk mencopot perizinan agar hp xiaomi tidak lemot lagi.


JIka video bawaan xiaomi lag maka gantilah pemutar video tersebut dengan mx video.


Demikianlah tutorial untuk mengatasi hp xiaomi lemot dan ngelag yang bisa dilakukan.
Coba saja lihat ini:

    Copy link artikel ini