10 Cara Mengatasi Garena AOV Lag Saat Main

Saat ini AOV Garena (atau biasa disebut juga Arena of Valor) adalah game moba yang populer di Indonesia selain Mobile Legends (atau biasa disebut juga ML).


Seiring waktu, game-game ini membuat penasaran banyak orang yang membuat orang-orang beramai-ramai untuk bermain.


Beda dulu dengan yang sekarang, saat bermain AOV terkadang AOV lag parah yang membuat resah dan stress karena dapat menggangu permainan.


Game Garena AOV lag patah-patah saat dimainkan sering ditemui disetiap saat, tanpa mengenal spesifikasi hp semuanya bisa kena,


Baik itu yang menggunakan hp ram 1gb, ram 512, ram 2gb, ataupun pengguna hp xiamoi, hp smartfren, hp lenovo, redmi 2, asus dan hp samsung ataupun merk terkenal, yakni hp iphone ...
 ...


Pengguna IOS/Android semua mengalaminya. Tak terkecuali, pemakai modem, wifi indihome yang kencang pun, atau pemakai kuota 4g, 3g juga mengalami hal ini.

Mengapa Arena of Valor Lag?


Ada beberapa faktor yang membuat Garena AOV lag patah-patah saat war dan membuat sinyal tidak stabil, beberapa diantaranya:
  • Kebiasaan Pengguna yang menyebabkan AOV Garena lag mulu
  • Sedang pemeliharaan jaringan internet.kerusakan, yang menyebabkan pemakai modem seperti indihome, ataupun wifi, 3g, 4g,dsb., menjadi tidak stabil sinyal-nya.
  • Dari Server AOV down setelah AOV Garena update
  • Bermain curang (Cheat)

Apakah bisa mengatasi AOV lag terus?


Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi Garena AOV lag saat war maupun ketika membuka game tersebut.


Tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa cara ini ....

Berikut ini cara mengatasi AOV Garena lag


Gunakan airplane mode

mengatasi aov lag dengan airplane mode

Cara ini hanya bisa dilakukan untuk yang menggunakan wifi, jadi dengan menggunakan airplane mode maka dapat mencegah panggilan masuk telpon.


Airplane mode sendiri memiliki banyak kegunaanya, salah satunya seperti yang disebutkan sebelumnya, mencegah panggilan masuk telpon.


Jika sedang asyik-asyiknya bermain AOV, dan tiba-tiba panggilan masuk dapat mengakibatkan game AOV lag patah-patah yang membuat resah ketika dimainkan.


Hal ini juga untuk meringankan hp agar tidak kepanasan, karena telah mencegah jalannya salah satu program aplikasi bawaan HP, yaitu telpon.

Cari tempat yang memiliki jaringan internet stabil



Jika menggunakan kuota 3G lebih baik jangan bermain AOV Garena terlebih dahulu, hal ini karena walaupun 3G bisa diakses dimana saja sampai pelosok.


Jaringan internet 3G untuk bermain game AOV terkadang tidak stabil, untuk itu lebih baik upgrade ke 4G. Saat menggunakan 4G, carilah tempat yang memiliki jaringan internet-nya stabil.


Bagi pemakai wifi juga harus mendapatkan tempat wifi yang memiliki jaringan internet stabil.

Hentikan paksa aplikasi yang tidak perlu



Menggunakan hentikan paksa atau biasa disebut juga force stop dapat membuat kinerja RAM di HP menjadi ringan.


Dengan meringankan RAM di hp dapat bermain game AOV tanpa lag. Hal ini karena RAM tidak perlu bekerja keras untuk memproses program aplikasi yang sedang dibuka dan memproses game AOV itu sendiri yang terlalu berat.


Jika banyak aplikasi yang dibuka dengan dibarengi game Garena AOV dapat membuat RAM bekerja ekstra keras yang mengakibatkan hp cepat panas.


Jika begitu, seiring waktu game AOV akan lag terus saat main dan efek buruknya lagi hp bisa rusak karena saking panasnya hp tersebut.

Untuk force stop aplikasi di android berikut ini caranya:
  1. Masuk ke setting (yang ikon gerigi)
  2. Lalu masuk ke aplikasi manager (Application Manager)
  3. Selanjutnya cari aplikasi yang ingin dihentikan paksa, contoh Opera Mini
  4. Terakhir pilih force stop

Disarankan jangan hanya satu aplikasi saja yang ingin dihentikan paksa.

Istirahatkan HP




Memainkan game di hp tanpa ada istirahat dapat membuat hp kepanasan (overheat). Jika dibiarkan hingga sampai overheat maka dapat membuat AOV menjadi lag, dan jika masih dipaksakan juga lama kelamaan akan membuat komponen hp cepat rusak.


Istirahatkan hp, kira-kira 30-45 menit. Saat di istirahatkan jangan sekali-kali buka aplikasi lain, seperti instagram, Facebook, dsb.


Hal tersebut karena sama saja. Tidak benar-benar di istirahatkan.

Mengatur grafis game yang pas dengan HP




Cobalah untuk bereksperimen untuk mengatur grafis di pengaturan game Garena AOV yang sesuai dengan sepsifikasi hp yang kamu miliki.


Cara ini untuk meminimalisir AOV lag saat bermain akibat dari pengaturan AOV yang diatur melebihi dari spesifikasi HP yang membuat komponen-komponen hp bekerja dengan keras.


Sesuaikan dengan spesifikasi Hp yang dimiliki.

Update OS Android



Bagi pengguna hp yang menggunakan os android, cobalah untuk mengecek di pengaturan apakah os android yang di punya menggunakan versi terbaru atau tidak.


Jika menggunakan versi lama, maka biasanya akan terjadi kesalahan eror atau bug yang membuat Garena AOV lag saat dimainkan.


Untuk itu diperlukan pemeliharaan secara rutin untuk mengecek os android agar stabil memainkan AOV.


Untuk mengecek os android dan mengupdate-nya berikut ini caranya:

  1. Pergi ke settings (ikon gerigi)
  2. Selanjutnya pilih About Phone
  3. Lalu terakhir System Updates

Hapus aplikasi dan file yang tidak terpakai serta Clear Cache



Menyimpan aplikasi secara terus menerus, lalu aplikasi tersebut tidak sering digunakan di HP seiring waktu dapat membuat memori hp penuh jika kalau tidak di uninstall (hapus).


Ditambah lagi, jika memiliki file foto, video, dsb. di HP yang benar-benar tidak terpakai. Jika memori penuh dapat menurunkan kinerja RAM saat bermain game AOV Garena.


Akibatnya, Garena AOV akan lag saat main. Untuk itu disaranakn untuk menghapus (unsintall) Aplikasi dan hapus file-file yang tidak terpakai di HP.


Tujuannya, agar memori hp tidak full serta meningkatkan kinerja RAM HP untuk bermain game AOV.


Untuk lebih maksimal, clear cache pada aplikasi yang sering dipakai, misalkan Whatsaap, Line, dsb.

Untuk clear cache aplikasi pada os android berikut ini caranya:


  1. Masuk ke pengaturan (ikon gerigi)
  2. Setelah itu masuk ke aplikasi manager (Application Manager)
  3. Carilah aplikasi yang ingin clear cache, contoh Instagram
  4. Terakhir scroll ke bawah dan ketuk clear cache

Jangan bermain Garena AOV sembari ngecas




Memaksakan bermain game AOV Garena sembari ngecas dapat membuat hp lebih cepat panas. Selain itu, komponen-komponen hp juga akan cepat rusak.


Maka dari itu jangan main game aov sembari ngecas karena dapat mengurangi umur hp.

Jangan main game AOV ketika hujan



Jangan memaksakan bermain AOV Garena saat hujan. Biasanya saat hujan, internet tidak stabil yang membuat AOV Garena lag terus akibat dari ketidakstabilan jaringan internet.


Jika benar-benar ingin dimainkan saat hujan, usahakan ada penangkal petir di rumah namun tidak sepenuhnya akan stabil sinyalnya.


Itulah beberapa cara mengatasi game Garena AOV (Arena of Valor) lag yang ampuh untuk dilakukan.
Coba saja lihat ini:

    Copy link artikel iniloading short url